Eksplorasi
Konsep - Modul 2.2
Durasi : 2 JP
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus :
1. CGP dapat menjelaskan urgensi
Pembelajaran Sosial dan Emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang
aman dan nyaman agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan
kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.
2. CGP dapat menjelaskan konsep
Pembelajaran Sosial dan Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL
(Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning) yang
bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE)
yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi,
dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
3. CGP dapat mendemonstrasikan pemahaman
tentang konsep kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar pengembangan 5
kompetensi sosial emosional (KSE).
4. CGP dapat menjelaskan bagaimana
implementasi pembelajaran sosial emosional di kelas dan sekolah melalui 4
indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktik mengajar
guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah,
dan penguatan pembelajaran sosial emosional pendidik dan tenaga kependidikan
(PTK) di sekolah.
Berdasarkan pembelajaran 5 Kompetensi Sosial dan Emosional yang telah Anda baca, pelajari Tabel Gambar Kegiatan KSE kemudian jelaskan KSE yang diterapkan pada setiap kegiatan berikut :
Berikut penjelasan terkait penerapan 5
Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) pada setiap kegiatan:
- Kegiatan:
Memberikan kesempatan pada murid untuk membaca buku pilihannya dalam
suasana yang kondusif.
KSE dan Penjelasan:
·
Kesadaran
Diri: Murid memahami minat dan preferensinya dalam memilih buku yang sesuai
dengan kebutuhan dan kesukaannya.
·
Manajemen
Diri: Murid mengatur dirinya agar tetap fokus dan nyaman dalam suasana membaca.
·
Pengambilan
Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid memilih buku yang sesuai dengan
tujuannya, baik untuk pembelajaran maupun hiburan, dan bertanggung jawab atas
pilihannya.
- Kegiatan:
Memberikan kesempatan pada murid untuk merefleksikan proses pembelajaran
yang sudah diikuti (Misalnya; apa yang disukai/mudah/menantang/ingin
dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya).
KSE dan Penjelasan:
·
Kesadaran
Diri: Murid mengidentifikasi perasaannya terhadap materi pembelajaran dan
evaluasi diri tentang tantangan serta hal-hal yang mudah dipahami.
·
Manajemen
Diri: Murid mengelola perasaannya terkait proses pembelajaran, serta menyusun
strategi untuk perbaikan di masa depan.
·
Pengambilan
Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid membuat keputusan tentang apa yang
ingin dipelajari lebih lanjut berdasarkan refleksi diri terhadap kebutuhan
belajarnya.
- Kegiatan:
Mengadakan dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung
jawab/etika dalam penggunaan media sosial.
KSE dan Penjelasan:
·
Kesadaran
Sosial: Murid memahami dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial
terhadap diri sendiri dan orang lain.
·
Keterampilan
Relasi: Murid berlatih mendengarkan pendapat teman-teman dan berkolaborasi
dalam diskusi terkait etika penggunaan media sosial.
·
Pengambilan
Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid belajar membuat keputusan bijak terkait
penggunaan media sosial dengan mempertimbangkan etika dan tanggung jawab
sosial.
- Kegiatan:
Memberikan fleksibilitas pada murid untuk mengerjakan tugas yang
pilihannya terlebih dahulu.
KSE dan Penjelasan:
·
Manajemen
Diri: Murid mengatur prioritas tugas sesuai dengan kapasitas dan kenyamanan
pribadi.
·
Kesadaran
Diri: Murid memahami tugas mana yang menurutnya lebih mudah atau menantang,
serta menyesuaikan dengan cara belajar yang efektif.
·
Pengambilan
Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid bertanggung jawab atas urutan
pengerjaan tugas yang dipilih dan dampaknya pada hasil belajar.
- Kegiatan:
Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola sebuah kegiatan
(literasi, seni, olahraga, dll.).
KSE dan Penjelasan:
·
Kesadaran
Sosial: Murid belajar bekerja sama dan mempertimbangkan kebutuhan serta minat
orang lain dalam menyelenggarakan kegiatan.
·
Keterampilan
Relasi: Murid membangun keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam mengelola
dan menjalankan kegiatan bersama teman-temannya.
·
Pengambilan
Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid membuat keputusan terkait pelaksanaan
kegiatan dan mempertimbangkan dampak keputusan tersebut terhadap kesuksesan
acara.
Ini
merupakan implementasi pembelajaran sosial dan emosional (SEL) yang berfokus
pada keterlibatan murid secara aktif dalam proses belajar dan kehidupan sosial
di sekolah.
0 comments:
Post a Comment