Wednesday, September 4, 2024

Eksplorasi Konsep 1 - Modul 2.2

 

Eksplorasi Konsep - Modul 2.2 

Durasi                                                 : 2 JP
Moda                                                   : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus        

1.       CGP dapat menjelaskan urgensi Pembelajaran Sosial dan Emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman  agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.

2.       CGP dapat menjelaskan konsep Pembelajaran Sosial dan Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL  (Collaborative  for Academic, Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

3.       CGP dapat mendemonstrasikan pemahaman tentang konsep kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar pengembangan 5 kompetensi sosial emosional  (KSE).

4.       CGP dapat menjelaskan bagaimana implementasi pembelajaran sosial emosional di kelas dan sekolah melalui 4 indikator, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam  praktik mengajar guru dan kurikulum akademik,  penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, dan penguatan pembelajaran sosial emosional pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah. 

 

Berdasarkan  pembelajaran  5 Kompetensi Sosial  dan Emosional yang telah Anda baca, pelajari Tabel Gambar Kegiatan KSE kemudian jelaskan KSE yang diterapkan pada setiap kegiatan berikut : 

Berikut penjelasan terkait penerapan 5 Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) pada setiap kegiatan:

  1. Kegiatan: Memberikan kesempatan pada murid untuk membaca buku pilihannya dalam suasana yang kondusif.
    KSE dan Penjelasan:

·  Kesadaran Diri: Murid memahami minat dan preferensinya dalam memilih buku yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaannya.

·  Manajemen Diri: Murid mengatur dirinya agar tetap fokus dan nyaman dalam suasana membaca.

·  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid memilih buku yang sesuai dengan tujuannya, baik untuk pembelajaran maupun hiburan, dan bertanggung jawab atas pilihannya.

 

  1. Kegiatan: Memberikan kesempatan pada murid untuk merefleksikan proses pembelajaran yang sudah diikuti (Misalnya; apa yang disukai/mudah/menantang/ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya).
    KSE dan Penjelasan:

·  Kesadaran Diri: Murid mengidentifikasi perasaannya terhadap materi pembelajaran dan evaluasi diri tentang tantangan serta hal-hal yang mudah dipahami.

·  Manajemen Diri: Murid mengelola perasaannya terkait proses pembelajaran, serta menyusun strategi untuk perbaikan di masa depan.

·  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid membuat keputusan tentang apa yang ingin dipelajari lebih lanjut berdasarkan refleksi diri terhadap kebutuhan belajarnya.

 

  1. Kegiatan: Mengadakan dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial.
    KSE dan Penjelasan:

·  Kesadaran Sosial: Murid memahami dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial terhadap diri sendiri dan orang lain.

·  Keterampilan Relasi: Murid berlatih mendengarkan pendapat teman-teman dan berkolaborasi dalam diskusi terkait etika penggunaan media sosial.

·  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid belajar membuat keputusan bijak terkait penggunaan media sosial dengan mempertimbangkan etika dan tanggung jawab sosial.

 

  1. Kegiatan: Memberikan fleksibilitas pada murid untuk mengerjakan tugas yang pilihannya terlebih dahulu.
    KSE dan Penjelasan:

·  Manajemen Diri: Murid mengatur prioritas tugas sesuai dengan kapasitas dan kenyamanan pribadi.

·  Kesadaran Diri: Murid memahami tugas mana yang menurutnya lebih mudah atau menantang, serta menyesuaikan dengan cara belajar yang efektif.

·  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid bertanggung jawab atas urutan pengerjaan tugas yang dipilih dan dampaknya pada hasil belajar.

 

  1. Kegiatan: Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola sebuah kegiatan (literasi, seni, olahraga, dll.).
    KSE dan Penjelasan:

·  Kesadaran Sosial: Murid belajar bekerja sama dan mempertimbangkan kebutuhan serta minat orang lain dalam menyelenggarakan kegiatan.

·  Keterampilan Relasi: Murid membangun keterampilan komunikasi dan kolaborasi dalam mengelola dan menjalankan kegiatan bersama teman-temannya.

·  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: Murid membuat keputusan terkait pelaksanaan kegiatan dan mempertimbangkan dampak keputusan tersebut terhadap kesuksesan acara.

 

Ini merupakan implementasi pembelajaran sosial dan emosional (SEL) yang berfokus pada keterlibatan murid secara aktif dalam proses belajar dan kehidupan sosial di sekolah.



Praktik Kesadaran Penuh (Mindfulness)
Anda dapat melihat cara mempraktikkan teknik STOP melalui video tutorial di bawah ini:


5 kompetensi sosial emosional (KSE) berdasarkan kerangka CASEL





0 comments:

Post a Comment