Pendampingan individu bertujuan untuk membantu Calon Guru Penggerak menerapkan hasil pembelajaran daring dan lokakarya sehingga Calon Guru Penggerak mampu:
mengembangkan diri sendiri dan juga guru lain dengan cara melakukan refleksi, berbagi, dan kolaborasi;
memiliki kematangan moral, emosional, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik;
merencanakan, menjalankan, merefleksikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan melibatkan orang tua.
Persiapan Pendampingan Individu
Melakukan koordinasi dengan penyelenggara Program Pendidikan Guru Penggerak terkait dengan jadwal pendampingan;
Bacalah profil Calon Guru Penggerak yang akan anda dampingi sebelum pertemuan;
Tulislah tujuan dan topik pendampingan di setiap pertemuan pada Catatan Pendampingan
Komunikasikanlah tujuan pendampingan kepada Calon Guru Penggerak sebelum memulai kegiatan pendampingan;
Pelajari fokus pendampingan bulanan dan materi-materi yang berkaitan;
Dalam pendampingan, Pendamping/Pengajar Praktik berperan untuk mengapresiasi pencapaian dan upaya implementasi yang sudah dilakukan Calon Guru Penggerak, memotivasi, mendiskusikan bersama solusi untuk tantangan dan kendala yang dihadapi, serta membantu Calon Guru Penggerak menemukan pembelajaran-pembelajaran dalam setiap prosesnya;
Jika fokus pendampingan berkaitan dengan penugasan pada fase pendidikan daring, sempatkan diri untuk mempelajari hasil yang dikumpulkan oleh setiap Calon Guru Penggerak pada portal belajar (learning management system) PGP atau bagian Jurnal Komunikasi dengan fasilitator;
Baca kembali catatan-catatan pada coaching log untuk mengetahui pembahasan pada pertemuan sebelumnya.
Tips Memberikan Umpan Balik Saat Coaching
Pendamping yang berperan sebagai pemberi umpan balik diharapkan hadir sepenuhnya sehingga dapat fokus pada CGP yang adalah penerima umpan balik.
Hindari melakukan/memberikan coaching dan/atau umpan balik disaat yang sulit, misalnya ketika jam sibuk anda sebagai Pendamping.
Bersabarlah dalam memberikan umpan balik/coaching. Menguatkan kualitas kesabaran dapat memampukan Pendamping untuk bisa merespon pada saat yang tepat dan mampu memberikan ruang kepada CGP untuk bicara.
Bangunlah rasa ingin tahu sebagai pendamping dan hindari pemberian nasihat atau solusi secara langsung. Fokuskan rasa ingin tahu sebagai pendamping pada ucapan yang disampaikan CGP.
Dalam memberikan umpan balik, mulailah dengan menyepakati topik pembicaraan dan hasil pembicaraan yang diharapkan.
Hubungkan fakta-fakta berdasarkan kejadian-kejadian yang dihadapi selama proses pendidikan.
Bersama-sama dengan CGP, kembangkan ide sebagai alternatif solusi
Bersama dengan CGP, perkuat komitmen untuk proses selanjutnya.
Panduan Pengisian Coaching Log
Tuliskan topik pembahasan pendampingan yang akan dilakukan.
Tulislah hal-hal yang dibahas/dibicarakan selama proses coaching berlangsung
Nilailah apakah proses coaching yang sudah berlangsung sudah sesuai/lebih cepat/lebih lambat dari topik pendampingan yang telah tersedia.
Berikan status selesai/belum selesai untuk proses coaching pada saat pendampingan
Tuliskan catatan yang perlu diperhatikan ketika proses pendampingan selanjutnya.
Tuliskan hal-hal tambahan yang dibutuhkan CGP selama pendampingan.
Buatlah/tuliskan rencana tindak lanjut untuk proses pendampingan selanjutnya.
0 comments:
Post a Comment