Unggah Tugas Eksplorasi Konsep - Modul 2.1
· Batas waktu : Tidak ada batas waktu
· Jumlah Soal : 1
· Batas durasi : Tidak ada
Instruksi
Karena ini adalah bagian akhir dari eksplorasi konsep sebelum Anda masuk ke alur belajar berikutnya, maka setelah sesi pembelajaran ini selesai, Anda akan diminta untuk menyimpulkan pemahaman Anda tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer.
Diagram Frayer adalah pengatur grafis untuk membantu membangun pemahaman atas kosakata atau terminologi tertentu. Teknik ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi visual.
Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational psychologist.
Silakan lengkapi diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi di atas. Jelaskanlah:
· Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi?
· Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi?
· Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi?
· Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi?
Hasil Tugas Ekplorasi Konsep bisa dilihat di link : Pembelajaran Berdiferensiasi
Adapun Skenario selengkapnya dapat Bapak/Ibu lihat disini : Skenario Diferensiasi
“Kolaborasi sering didengung-dengungkan sebagai 21st century skills, tapi sebenarnya kolaborasi ini adalah nilai luhur bangsa Indonesia yaitu gotong royong”
(Iwan Syahril)
Durasi : 3 JP
Moda : Diskusi Daring
Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP dapat melakukan refleksi kolaboratif untuk
menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.
Selamat datang kembali! Anda telah memasuki sesi pembelajaran ke-tiga!
Anda telah memasuki sesi pembelajaran Ruang Kolaborasi!
Semoga Anda senantiasa berada dalam keadaan sehat dan semangat dalam
mengikuti rangkaian proses pembelajaran ini. Dengan tetap mengacu pada
tujuan pembelajaran, bagaimana saya dapat:
1. memvariasikan materi berdasarkan kebutuhan belajar murid saya?
2. memvariasikan struktur, tingkat dukungan, dan tingkat kemandirian
saat murid menyelesaikan tugas dan membuat produk hasil pembelajaran?
3. memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk
mengakomodasi murid dengan berbagai tingkat kesiapan di kelas?
4. memvariasikan sifat produk hasil belajar agar murid dapat
menyesuaikannya dengan minat mereka? Bagaimana kita bisa memberikan
murid kesempatan untuk memilih bentuk ekspresi yang disukai atau yang sesuai
gaya belajar mereka? Dalam sesi pembelajaran ini, Anda akan kembali
mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan
sedikit berbeda, karena Anda tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator,
melainkan dengan sesama CGP. Ya, sesi kali ini disebut
dengan Ruang Kolaborasi. Kali ini, kita akan mencoba berkolaborasi untuk
mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi.
Anda bersama rekan kelompok akan diminta untuk menganalisis skenario
pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi
yang beragam. Setiap kelompok hanya akan menganalisis satu skenario
pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan
pemandu berikut ini:
1. Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah, apakah kebutuhan belajar
murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut? Bagaimana cara guru
tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?
2. Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?
3. Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?
Penentuan kelompok dan juga skenario mana yang akan dianalisis akan
difasilitasi oleh Bapak/Ibu Fasilitator.
Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1
"Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri,
bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”
(Ki Hajar Dewantara)
Durasi :4JP
Moda :Penugasan Mandiri secara
asinkron
Tujuan Pembelajaran Khusus :CGP
dapat membuat Rencana pembelajaran yang memuat
pembelajaran berdiferensiasi.
Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di sesi pembelajaran
Demonstrasi Kontekstual!
Pertanyaan Pemantik untuk sesi
pembelajaran ini adalah:
- Bagaimana saya dapat mendemonstrasikan apa yang
telah saya pahami?
- Bagaimana pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu
- saya memecahkan permasalahan pembelajaran yang saya hadapi sehari-hari di kelas?
Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di sesi pembelajaran ke -4!
Ini adalah sesi dimana Anda akan mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi seorang
pengambil
risiko!
Kami berharap, 3 pembelajaran sebelumnya telah memberikan Anda banyak pengetahuan
dan keterampilan yang kami yakin dapat membantu Anda untuk keluar dari zona nyaman
Anda dan mulai melakukan perubahan. Inilah saatnya Anda mendemonstrasikan keterampilan
yang telah Anda pelajari dalam konteks dan situasi pembelajaran yang nyata dalam sebuah
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.
Sebelum Anda melakukan tugas ini dan untuk membantu Anda mengingat apa yang telah Anda
pelajari sebelumnya. Silakan lihat perbedaan antara aktivitas (kegiatan) pembelajaran
yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi
yang baik.
Tabel 1. Aktivitas Pembelajaran yang baik versus aktivitas pembelajaran
berdiferensiasi yang baik
Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi bisa melihat di link ini :
0 comments:
Post a Comment