Saturday, August 24, 2024

Penugasan Modul 2.1

Unggah Tugas Eksplorasi Konsep - Modul 2.1

·                  Batas waktu :  Tidak ada batas waktu

·                  Jumlah Soal : 1

·                  Batas durasi : Tidak ada

Instruksi

Karena ini adalah bagian akhir dari eksplorasi konsep sebelum Anda masuk ke alur belajar berikutnya, maka setelah sesi pembelajaran ini selesai, Anda akan diminta untuk menyimpulkan pemahaman Anda tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer

Diagram Frayer adalah pengatur grafis untuk membantu membangun pemahaman atas kosakata atau terminologi tertentu. Teknik ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi visual.

Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational psychologist.

Silakan lengkapi diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi di atas. Jelaskanlah:

·                  Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi?

·                  Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi?

·                  Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi?

·                  Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi? 

Hasil Tugas Ekplorasi Konsep bisa dilihat di link : Pembelajaran Berdiferensiasi

Adapun Skenario selengkapnya dapat Bapak/Ibu lihat disini : Skenario Diferensiasi


“Kolaborasi sering didengung-dengungkan sebagai 21st century skills, tapi sebenarnya kolaborasi ini adalah nilai luhur bangsa Indonesia yaitu gotong royong”

(Iwan Syahril)

Durasi                                      : 3 JP

Moda                                       : Diskusi Daring

Tujuan Pembelajaran Khusus : CGP dapat melakukan refleksi kolaboratif untuk 

menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.


Selamat datang kembali! Anda telah memasuki sesi pembelajaran ke-tiga!

Anda telah memasuki sesi pembelajaran Ruang Kolaborasi!

Semoga Anda senantiasa berada dalam keadaan sehat dan semangat dalam 

mengikuti rangkaian proses pembelajaran ini. Dengan tetap mengacu pada 

tujuan pembelajaran, bagaimana saya dapat:

1.     memvariasikan materi berdasarkan kebutuhan belajar murid saya?

2.     memvariasikan struktur, tingkat dukungan, dan tingkat kemandirian 

saat murid menyelesaikan tugas dan membuat produk hasil pembelajaran?

3. memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk 

mengakomodasi murid dengan berbagai tingkat kesiapan di kelas?

4. memvariasikan sifat produk hasil belajar agar murid dapat 

menyesuaikannya dengan minat mereka? Bagaimana kita bisa memberikan

murid kesempatan untuk memilih bentuk ekspresi yang disukai atau yang sesuai

gaya belajar mereka? Dalam sesi pembelajaran ini, Anda akan kembali 

mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan 

sedikit berbeda, karena Anda tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, 

melainkan dengan sesama CGP.  Ya, sesi kali ini disebut

dengan Ruang Kolaborasi. Kali ini, kita akan mencoba berkolaborasi untuk 

mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. 


Anda bersama rekan kelompok akan diminta untuk menganalisis skenario 

pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi 

yang beragam. Setiap kelompok hanya akan menganalisis satu skenario 

pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan 

pemandu berikut ini:

1.    Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah, apakah kebutuhan belajar

murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut? Bagaimana cara guru 

tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?

2.     Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?

3.     Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?

Penentuan kelompok dan juga skenario mana yang akan dianalisis  akan 

difasilitasi oleh Bapak/Ibu Fasilitator.

Hasil Diskusi Kelompok bisa dilihat disini : Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi

Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1

"Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, 

bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.”

(Ki Hajar Dewantara)

Durasi                                            :4JP
Moda                                              :Penugasan Mandiri secara asinkron
Tujuan Pembelajaran Khusus     :CGP dapat membuat Rencana pembelajaran yang memuat

 pembelajaran berdiferensiasi.

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di sesi pembelajaran 

Demonstrasi Kontekstual!

Pertanyaan Pemantik untuk sesi pembelajaran ini adalah:

  1. Bagaimana saya dapat mendemonstrasikan apa yang telah saya pahami?
  2. Bagaimana pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu 
  3. saya memecahkan permasalahan pembelajaran yang saya hadapi sehari-hari di kelas?

Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak di sesi pembelajaran ke -4!

Ini adalah sesi dimana Anda akan mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk menjadi seorang

pengambil risiko! 

Kami berharap, 3 pembelajaran sebelumnya telah memberikan Anda banyak pengetahuan 

dan keterampilan yang kami yakin dapat membantu Anda untuk keluar dari zona nyaman

Anda dan mulai melakukan perubahan. Inilah saatnya Anda mendemonstrasikan keterampilan

yang telah Anda pelajari dalam konteks dan situasi pembelajaran yang nyata dalam sebuah 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang memuat pembelajaran berdiferensiasi.

Sebelum Anda melakukan tugas ini dan untuk membantu Anda mengingat apa yang telah Anda 

pelajari sebelumnya. Silakan lihat perbedaan antara aktivitas (kegiatan) pembelajaran 

yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik.

Tabel 1. Aktivitas Pembelajaran yang baik versus aktivitas pembelajaran berdiferensiasi yang baik


Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdiferensiasi bisa melihat di link ini : 

RPP Berdiferensiasi

0 comments:

Post a Comment