Thursday, August 22, 2024

Aksi Nyata - Modul 1.2

Durasi : 0 JP

Moda : Mandiri 

Tujuan Pemelajaran Khusus: CGP melakukan proses pengembangan diri untuk menguatkan nilai-nilai dan peran mereka sebagai Guru Penggerak


“Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia
Ki Hajar Dewantara

Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Aksi Nyata merupakan ruang bagi Bapak/Ibu CGP menerapkan apa yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Bagian ini diharapkan dapat menjadi awalan proses implementasi dari konsep-konsep yang sudah didapatkan. 

Tugas Aksi Nyata

Di modul ini, Bapak/Ibu diajak untuk melaksanakan rencana yang telah dituliskan pada refleksi 4P di bagian Koneksi Antar Materi mengenai pengembangan DIRI yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang”. Kumpulkan dalam bentuk dokumentasi dengan format video singkat atau kumpulan foto yang bercerita saat diri Bapak/Ibu menjalankan rencana. Jangan lupa sertakan refleksi sepanjang proses menjalankannya, seperti apa perasaan Bapak/Ibu, apa ide atau gagasan yang timbul, pembelajaran apa saja yang dapat diambil, dan apa dampak (perubahan positif) yang paling dirasakan oleh diri Bapak/Ibu.

Aksi Nyata - Modul 1.2

Sebagai seorang guru di SMK Negeri Jawa Tengah di Purbalingga, saya memegang teguh filosofi pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu bahwa pendidikan adalah 'tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak'. Dalam menjalankan tugas saya, saya selalu berusaha untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Dalam praktik sehari-hari, saya menerapkan pendekatan yang holistik dan berfokus pada potensi individual setiap siswa. Saya mengenali bahwa setiap anak memiliki bakat, minat, dan kemampuan yang unik. Oleh karena itu, saya tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing yang membantu siswa menemukan dan mengembangkan potensi mereka.

Beberapa aksi nyata yang telah saya lakukan antara lain:

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning): Saya seringkali menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek untuk memberikan pengalaman belajar yang nyata dan relevan bagi siswa. Melalui proyek-proyek ini, siswa dapat menerapkan pengetahuan mereka dalam konteks dunia nyata, mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif, serta belajar bekerja sama dalam tim.

Tayangan Aksi Nyata bisa dilihat di link Video berikut : Pembelajaran Berbasis Proyek



1 comment:

  1. Video dengan model PjBl ini menginspirasi sekali ... videonya kereen pak ..lanjutkan

    ReplyDelete