Thursday, August 22, 2024

Penugasan Modul 1.3

Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.3


Batas waktu 25 Jul jam 23:59

Format isian teks, url website, or unggah dokumen


Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan Profil Pelajar Pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Ruang Kolaborasi memberikan ruang perjumpaan bagi Anda untuk bekerja sama dalam merencanakan prakarsa perubahan untuk mewujudkan visi. Setelah mempresentasikan hasil kerja kelompok dan memperoleh umpan balik dari kelompok lain, silakan Bapak/Ibu kirimkan hasil kerja kelompok tadi sesuai dengan petunjuk.

Hasil kerja kelompok bisa dilihat di link ini : Rencana BAGJA Kelompok


Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3

  • Batas waktu 29 Jul jam 23:59
  •  
  • Format isian teks, url website, or unggah dokumen

Durasi : 4 JP
Moda:  Penugasan mandiri
Tujuan Pembelajaran:

          1. CGP mempraktekan penerapan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.
          2. CGP menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.

Selamat datang kembali di sesi pembelajaran ke 4!

Pada bagian ini, Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak akan ditantang untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, Anda diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyimak terlebih dahulu paparan Jon Townsin seorang Psikolog Organisasi yang menjelaskan inkuiri apresiatif dalam video berikut sebagai filosofi dan proses untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman semua orang yang berada dalam suatu sistem untuk mewujudkan yang diinginkan.

Pada tugas Demonstrasi Kontekstual kali ini, Bapak/Ibu diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. Temukan potensi dan kekuatan, juga hal baru dalam diri Bapak/Ibu yang dapat membawa manfaat untuk murid. 

Hasil Rancangan Tindakan bisa dilihat di link ini : Rancangan BAGJA Diri Sendiri


Koneksi Antar Materi Modul 1.3

Durasi : 2 JP
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran: CGP dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. 

Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu? 

0 comments:

Post a Comment